Model Pengajaran Pendidikan Jasmani

Model Pengajaran Pendidikan Jasmani

Dari literatur diperoleh gambaran tentang model pengajaran pendidikan jasmani. Beberapa tahun terakhir ini dikembangkan berbagai model pengajaran pendidikan jasmani dan diterapkan dengan berhasil di lapangan. Beberapa model pengajaran tersebut dikemukakan oleh Siedentop, Mand, dan Taggart (1986) sebagai berikut:

1)     Pengajaran langsung/perintah (Direct instruction)

2)     Pengajaran tugas / pos (Task/station teaching)

3)     Pengajaran berpasangan kelompok (Reciprocal/group teaching)

4)    Pengajaran sistem kontrak (Personalyzed system of Instruction (PSI)/Mastery Teaching)

5)     Manajemen Kontingensi (Contingensi Management)

Salah satu spectrum model pengajaran lain juga dikemukakan Mosston (1996). Model Mosston ini didasarkan atas asumsi bahwa keputusan terhadap proses dan produk pengajaran hendaknya bergeser dari pengajaran terpusat pada guru ke terpusat pada anak, dari siswa terikat menjadi siswa bebas (aktif). Mosston mengklasifikasi model pengajaran berdasarkan hasil analisa siapa yang membuat keputusan. Klasifikasi model pengajaran tersebut adalah sebagai berikut.

2 thoughts on “Model Pengajaran Pendidikan Jasmani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s