Gaya Komando

Gaya Komando


1.      Anatomi Gaya Komando

a.       Dalam setiap anatomi gaya, Mosston meninjau dari tiga perangkat keputusan: pra-pertemuan, selama pertemuan berlangsung, dan pasca pertemuan. Keputusan yang dibuat guru dan yang akan diteruskan kepada siswa dinyatakan sebagai berikut:

G             Keputusan Guru

S       =       Keputusan Siswa

b.      Untuk gaya komando atau gaya perintah ini, semua keputusan diambil oleh guru. Jadi diagram tentang keputusan-keputusan untuk gaya komando ini adalah sebagai berikut:        

Pra-pertemuan             G

Dalam pertemuan        G

Pasca pertemuan          G


2.      Sasaran Gaya Komando

a.       Bagian ini akan merinci peranan guru, peranan siswa dan hasil yang                         dicapai karena penggunaan gaya yang diuraikan.

b.      Dengan menggunakan gaya komando, maka sasaran yang dicapai akan                   melibatkan siswa yang akan mengikuti petunjuk-petunjuk guru, dengan                     sasaran-sasaran sebagai berikut:

(1)         Respons langsung terhadap petunjuk yang diberikan

(2)         Penampilan yang sama / seragam

(3)         Penampilan yang disinkronkan

(4)         Penyesuaian

(5)         Mengikuti model yang telah ditentukan

(6)         Mereproduksi model

(7)         Ketepatan dan kecermatan respons

(8)         Meneruskan kegiatan dan tradisi kultural

(9)         Mempertahankan tingkat estetika

(10)      Meningkatkan semangat kelompok

(11)       Penggunaan waktu secara efisien

(12)       Pengawasan keamana


3.      Menyusun Pelajaran Gaya Komando

a.       Semua keputusan pra-pertemuan dibuat oleh guru

 (1)         Pokok bahasan

 (2)         Tugas-tugas

 (3)         Organisasi

 (4)         Dan lain-lain

 b.           Semua keputusan selama pertemuan berlangsung dibuat oleh guru:

 (1)         Penjelasan peranan guru dan siswa

 (2)         Penyampaian pokok bahasan

 (3)         Penjelasan prosedur organisasi

                          (a)     Regukelompok

                          (b)    Penempatan dalam wilayah kegiatan

                          (c)    Perintah yang harus diikuti

 (4)         Urutan kegiatan

                          (a)     Peragaan

                          (b)    Penjelasan

                          (c)    Pelaksanaan

                          (d)    Penilaian

  c.      Keputusan pas capertemuan

           (1)    Umpan balik kepada siswa,

           (2)    Sasarannya: harus memberi  banyak waktu untuk pelaksanaan tugas.


4.      Implikasi Penggunaan Gaya Komando

a.      Standar penampilan sudah mantap dan pada umumnya satu model untuk                   satu  tugas.

b.      Pokok bahasan dipelajari secara meniru dan mengingat melalui penampilan.

c.      Pokok bahasan dipilih-pilah menjadi bagian-bagian yang dapat ditiru.

d.      Tidak ada perbedaan individual diharapkan menirukan model.


5.      Unsur-unsur Khas dalam Pelajaran dengan Gaya Komando

a.       Semua keputusan dibuat oleh guru

b.      Menuruti petunjuk dan melaksanakan tugas merupakan kegiatan utama dari           siswa.

c.      Menghasilkan tingkat kegiatan yang tinggi.

d.      Dapat membuat siswa merasa terlibat dan termotivasi

e.      Mengembangkan perilaku berdisiplin karena prosedur yang telah ditetapkan.


6.      Saluran-saluran Pengembangan Gaya Komando

 a.       Menurut Mosston, selama masa belajar-mengajar, setiap orang memperoleh kesempatan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan fisik, sosial, emosional, dan kognitifnya.          

 b.      Mosston berbicara tentang empat saluran perkembangan:

           1)      Saluran fisik meningkatkan dengan pesat selama menggunakan Gaya                        Komando.

           2)      Saluran sosial-terbatas

           3)      Saluran emosional terbatas

           4)      Saluran kognitif terbatas.

 


 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s