Penuyusunan RPP (Tidore)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A. Nama Sekolah                 : SDN Ambulu 1

B. Mata Pelajaran                : PJOK

C. Kelas/Smt                          : 1/1

D. Pertemuan                         : Pertama

E. Alokasi Waktu                   : 2 jam pembelajaran

F. Standar Kompetensi

  1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya

G. Kompetensi Dasar

  1. 3  Mempraktik-kan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam    permainansederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi               danpercaya diri

H. Indikator

  • Melakukan gerakan menangkap bola dari berbagai arah berpasangan/kelompok dalam bentuk permainan sederhana serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
  • Melakukan gerakan variasi melempar bola dengan perorangan atau kelompok dalam bentuk permainan sederhana serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri

I. Tujuan Pemelajaran

  • Siswa (A) dapat memahami  teknik mlelmpar  (B) dengan benar dan baik (D) melalui peragaan(C)
  • Siswa dapat memahami  teknik menangkap  (dengan benar dan baik melalui peragaan
  • Siswa dapat melempar menyusur tanah dengan benar dan baik melalui praktik
  • Siswa dapat melempar mendatar dengan benar dan baik melalui praktik
  • Siswa dapat melempar melambung dengan benar dan baik melalui praktik
  • Siswa dapat menangkap bola melambung dengan benar dan baik melalui praktik
  • Siswa dapat menangkap bola menyusur dengan benar dan baik melalui praktik
  • Siswa dapat menangkap bola mendatar dengan benar dan baik melalui praktik
  • Siswa dapat menunjukkkan sikap kejujuran melalui bermain
  • Siswa dapat menunjukkkan sikap kerjasama melalui bermain
  • Siswa dapat menunjukkkan sikap toleransi melalui bermain
  • Siswa dapat menunjukkkan sikap percayadiri melalui bermain

J. Materi Pembelajaran

  • Monkey in the cercle, Kasti

K. Metode Pembelajaran

L. Langkah Pembelajaran

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan
  • Menyiapkan peserta didik dalam barisan empat bersyaf melengkung (semua peserta didik dapat melihat guru)
  • Dipimpin berdoa untuk keselamatan dalam pembelajaran dan kebermanfaatan.
  • Mengecek kehadiran semua peserta didik dan menanyakan kesehatan mereka secara umum.
  • Melakukan apersepsi dengan membandingkan kegiatan  yang pernah dilakukan  dengan aktivitas yang akan dipelajari dalam pembelajaran.
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran  yang akan dicapai pada hari itu.
  • Menyampaikan garis besar cakupan materi  dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas.
10 Menit
Kegiatan Inti
  • Memperagakan gerakan melempar
    • Menyususr
    • Mendatar
    • Melambung
  • Memperagakan gerakan menangkap
    • Menyususr
    • Mendatar
    • Melambung
  • Memfasilitasi anak untuk bertanya
  • Melakukan permainan kecil (bola ke keranjang)
  • Melakukan permainan Monkey in the circle

 50

Menit

Penutup
  • Peserta didik melakukan pelemasan atau penennagan
  • Peserta didik bersama guru, melakukan refleksi.
  • Peserta didik bersama guru menyimpulkan tentang tugas gerak, menjelaskan kesalahan-kesalahan yang yang terjadi selama menyelesaikan tugas dan hal-hal  yang perlu dilakukan untuk  menyelesaikan tugas pada petremuan berikutnya.
  • Peserta didik bersama-sama guru berdoa
  • Menutup pembelajaran
10 Menit

 

M. Sumber dan Alat

  • Bermacam jenis bola

N. Penilaian

  1. Pengetahuan

No

Nama Aspek Dinilai
Melempar Menangkap

1

Ahmad

V

2

Abdul

V

3

Jhoni

4

Butet

X

5

Ujang

Keterangan

Nilai 1 jika anak sudah mampu  memahami cara melempar melalui peragaan

Nilai 0 jika anak belum  mampu  memahami cara melempar melalui peragaan

  1. Keterampilan
No Nama Aspek dinilai
Melempar Menangkap
1 Ahmad 1
2 Abdul 0
3 Jhoni
4 Butet
5 Ujang

Keterangan

Nilai 1 jika anak sudah mampu  melakukan cara melempar

Nilai 0 jika anak belum  mampu  melakukan cara melempar

  1. Sikap
No Nama Aspek dinilai
kejuju kerja toler percaya
1 Ahmad 3 2 2 3
2 Abdul 1
 3 Jhoni 0
 4  Butet
5 Ujang

Keterangan

Nilai 3 jika selalu menunjukan nilai (kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri)

Nilai 2 jika kadang-kadang menunjukan nilai (kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri)

Nilai 1 Jika tidak pernah menunjukkan menunjukan nilai (kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s